Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (learning outcomes) merupakan internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Berdasarkan hasil lokakarya pengembangan kurikulum I dan II Program Studi Kehutanan Fakultas Kehutanan UNHAS, maka disusunlah CP Program Studi Kehutanan sebagai berikut:

  1. Mampu menginternalisasi etika professional rimbawan antara lain integritas dan bertanggung jawab, peduli terhadap lingkungan, serta sikap kepemimpinan yang demokratis
  2. Mempunyai kemampuan belajar sepanjang hayat berupa keterampilan berpikir logis dan kritis, berkomunikasi efektif, bekerja dalam tim interdisiplin, beradaptasi dan berkontribusi pada masyarakat, serta mengoperasikan teknologi informasi bidang kehutanan
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar ilmu pengelolaan hutan, pengusahaan hutan dan pemanfatan hutan dalam rangka pengelolaan hutan
  4. Mampu mendemonstrasikan prinsip-prinsip pengelolaan hutan berbasis masyarakat yang mendukung pembangunan berkelanjutan
  5. Memiliki kemampuan dasar untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan inovasi pemanfaatan hutan untuk pelestarian hutan
  6. Mampu mengaplikasikan teknik inventarisasi dan pemetaan sumberdaya hutan, konservasi tanah dan air serta menyusun perencanaan pengelolaan hutan
  7. Mampu menerapkan sistim dan teknik silvikultur, perlindungan pada hutan alam, hutan tanaman dan hutan berbasis masyarakat
  8. Mampu mengelola kegiatan pemberdayaan masyarakat desa hutan secara inklusif
  9. Mampu menyusun rencana bisnis di bidang kehutanan dan jasa lingkungan yang inovatif
Scroll to Top