Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran (learning outcomes) merupakan internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Berdasarkan hasil lokakarya pengembangan kurikulum I dan II Program Studi Kehutanan Fakultas Kehutanan UNHAS, maka disusunlah CP Program Studi Kehutanan sebagai berikut:
- Mampu menginternalisasi etika professional rimbawan antara lain integritas dan bertanggung jawab, peduli terhadap lingkungan, serta sikap kepemimpinan yang demokratis
- Mempunyai kemampuan belajar sepanjang hayat berupa keterampilan berpikir logis dan kritis, berkomunikasi efektif, bekerja dalam tim interdisiplin, beradaptasi dan berkontribusi pada masyarakat, serta mengoperasikan teknologi informasi bidang kehutanan
- Mampu menjelaskan konsep dasar ilmu pengelolaan hutan, pengusahaan hutan dan pemanfatan hutan dalam rangka pengelolaan hutan
- Mampu mendemonstrasikan prinsip-prinsip pengelolaan hutan berbasis masyarakat yang mendukung pembangunan berkelanjutan
- Memiliki kemampuan dasar untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan inovasi pemanfaatan hutan untuk pelestarian hutan
- Mampu mengaplikasikan teknik inventarisasi dan pemetaan sumberdaya hutan, konservasi tanah dan air serta menyusun perencanaan pengelolaan hutan
- Mampu menerapkan sistim dan teknik silvikultur, perlindungan pada hutan alam, hutan tanaman dan hutan berbasis masyarakat
- Mampu mengelola kegiatan pemberdayaan masyarakat desa hutan secara inklusif
- Mampu menyusun rencana bisnis di bidang kehutanan dan jasa lingkungan yang inovatif