Capaian Pembelajaran

Hasil pembelajaran merupakan internalisasi dan akumulasi pengetahuan, keterampilan, sikap dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan terstruktur yang mencakup bidang pengetahuan/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Berdasarkan hasil workshop pengembangan kurikulum Program Studi Kehutanan, disusun Capaian Pembelajaran sebagai berikut:

  1. Internalisasi etika profesi rimbawan, meliputi integritas dan tanggung jawab, kepedulian terhadap lingkungan, dan sikap kepemimpinan demokratis.
  2. Memiliki keterampilan belajar seumur hidup berupa kemampuan berpikir logis dan kritis, berkomunikasi secara efektif, bekerja dalam tim interdisipliner, beradaptasi dan berkontribusi kepada masyarakat, serta mengoperasikan teknologi informasi di bidang kehutanan.
  3. Menjelaskan konsep dasar pengelolaan hutan, eksploitasi hutan, dan pemanfaatan hutan.
  4. Menunjukkan prinsip-prinsip pengelolaan hutan berbasis masyarakat yang mendukung pembangunan berkelanjutan.
  5. Memiliki kemampuan dasar untuk mengembangkan inovasi pemanfaatan hutan.
  6. Mempraktikkan teknik inventarisasi dan pemetaan sumber daya hutan, serta mengembangkan rencana pengelolaan hutan.
  7. Mendemonstrasikan sistem dan teknik silvikultur di hutan alam, hutan tanaman, dan hutan berbasis masyarakat.
    Mengelola kegiatan pemberdayaan masyarakat desa hutan.
  8. Menyusun rencana bisnis di bidang kehutanan dan jasa lingkungan.
Scroll to Top